REDAKSI MANAJEMEN MEDIA DALAM EVALUASI PENYIARAN KONVENSIONAL (Studi Kasus Pada Radio Haluan Riau Pekanbaru)

  • Geofakta Razali
Keywords: Radio, Manajemen Redaksi, Evaluasi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana manajemen penyiaran Smartfm Pekanbaru dalam menghadapi persaingan dan era digital di Industri Penyiaran. Manajemen redaksional dapat diartikan sebagai penerapan fungsi-fungsi manajemen melalui tindakan planning, organizing, actuating, dan controlling dalam pengelolaan materi pemberitaan (Pareno, 2004:46). Mengacu pada definisi di atas, dapat dikatakan bahwa yang menjadi fokus dalam menajamen redaksional adalah bagaiama redaksi surat kabar Haluan Riau menerapkan POAC dalam setiap kegiatannya, yaitu mengelola pemberitaan. Selain peran utama dalam bertanggung jawab terhadap pemberitaan, ada sebuah peran penting yang dimiliki redaksi dalam sebuah surat kabar, seperti apa yang dikemukakan oleh Santana (2005:188), redaksional merupakan sisi ideal sebuah penerbitan pers yang menjalankan visi, misi, atau idealisme media yang mengurus tentang pemberitaan mulai dari peliputan, penulisan, hingga penyuntingan berita. Peran inilah yang membuat redaksi menjadi penting untuk diteliti terkait dengan kualitas pemberitaan yang dimiliki Haluan Riau. Apalagi dengan persaingan ketat yang ada, maka redaksi Haluan Riau harus berusaha meningkatkan kualitas pemberitaan sekaligus menjaga jati diri surat kabarnya itu sendiri.

References

Cangara, H. Hafied. 2006. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta : Raja Grafindo.

Djuroto, Totok. 2004. Manajemen Penerbitan Pers Cet. III. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hasibuan, Malaya S.P. 2005. Organisasi dan Motivasi (Dasar Peningkatan Produktivitas). Jakarta: Bumi Aksara.

Morissan. 2010.Psikologi Komunikasi. Bogor: Ghalia Indonesia.

Mutia, Tika, dkk. 2012. Manajemen Media. Bandung: Arsad Press.

Pareno, Sam Abede. 2004. Manajemen Berita Antara Idealisme dan Realita. Surabaya: Papyrus.

Santana, Septiawan K. 2005. Jurnalisme Kontemporer. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Siregar, Ashadi, & Rondang Pasaribu. 2004. Bagaimana Mengelola Media Korporasi – Organisasi Cetakan V. Yogyakarta: Kanisisus.

Siswanto, H.B. 2006. Pengantar Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.

Suhandang, Drs. Kustadi. 2007. Manajemen Pers Dakwah: Dari Perencanaan Hingga Pengawasan. Bandung: Marja.

Sumadiria, AS Haris. 2006. Jurnalistik Indonesia Menulis Berita dan Feature Cet.II. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Tjiptono, Fandy. 2005. Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia Publishing.

Daulay, Mentari. 2013. Pemberitaan Suksesi Bakal Calon Gubernur Riau 2013 (Analisis Isi Berita Politik Dalam Persaingan Surat Kabar Riau Pos dan Tribun Pekanbaru) selama periode 01 April hingga 29 Juni 2013. Pekanbaru: Universitas Riau.

Sandy, Dara Adila. 2013. Representasi Berita Lingkungan Hidup Kasus Kabut Asap pada Halaman Utama di Surat Kabar Riau Pos. Pekanbaru: Universita Riau.
Published
2020-11-30
How to Cite
Razali, G. (2020). REDAKSI MANAJEMEN MEDIA DALAM EVALUASI PENYIARAN KONVENSIONAL (Studi Kasus Pada Radio Haluan Riau Pekanbaru). Aksara Public, 4(4), 251-265. Retrieved from http://aksarapublic.com/index.php/home/article/view/473