PENGARUH KUALITAS INFORMASI PELAYANAN TERHADAP MINAT MENJADI PELANGGAN PADA KLINIK KECANTIKAN ESTHEDICA

Indonesian

  • Agus Tri Indah K
Keywords: Kualitas informasi pelayanan, minat menjadi pelanggan

Abstract

Peningkatan kualitas akan informasi pelayanan yang ditawarkan semakin mendapatkan banyak perhatian dalam bisnis, hal ini disebabkan karena kualitas informasi pelayanan dapat digunakan sebagai alat untuk mencapai keunggulan yang kompetitif. Dengan adanya peningkatan kualitas informasi pelayanan yang baik maka dapat menimbulkan suatu loyalitas terhadap konsumen, dan berkemungkinan besar tidak hanya menarik konsumen baru tetapi juga menarik konsumen berminat jadi pelanggan. Ada banyak variable yang mempengaruhi minat menjadi pelanggan, salah satu faktor yang turut mempengaruhi minat menjadi pelanggan adalah kualitas informasi pelayanan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui besarnya pengaruh kualitas informasi pelayanan terhadap minat menjadi pelanggan pada Klinik kecantikan Esthedica. Metode penelitian dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, kuisioner dan observasi. Penelitian kuantitatif ini dilakukan pada konsumen yang datang ke Klinik yang berjumlah 47 orang. Hasil penelitian menggunakan uji korelasi dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,836 menyatakan terdapat hubungan yang kuat antara kualitas informasi pelayanan terhadap minat menjadi pelanggan. Hasil koefisien determinasi diperoleh kontribusi kualitas informasi pelayanan terhadap minat menjadi pelanggan sebesar 75,2% sisanya 24,8% dipengaruhi faktor lain. Sedangkan koefisien regresi dari hasil perhitungan diperoleh fungsi persamaan Y = 17,138 + 0,625X.

References

Freddy, Rangkuti. 2017. Customer Care Excellence Meningkatkan Kinerja Perusahaan Melalui Pelayanan. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Islami, V. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan ( Studi Kasus : Klinik Gigi Palapa Dentists Jakarta Selatan). Jurnal Perspektif, XVI(2), 113–114.

Kasmir. 2017. Customer Services Excellent (ke 1). Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Lupiyoadi, H. 2012. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Kedua. Jakarta : Salemba empat.

Rohaeni, H., & Marwa, N. 2018. Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Bisnis, 2(2),https://doi.org/10.31311/JECO.V2I2.4503

Rusydi. 2017. Customer Excellence (2017th ed.; Nasution, ed.). Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Soraya, I. 2015. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar. 1(1), 149–159.

Tjiptono, F. 2017. Service Management. Edisi Ketiga. Yogyakarta: AND.
Published
2020-11-30
How to Cite
K, A. (2020). PENGARUH KUALITAS INFORMASI PELAYANAN TERHADAP MINAT MENJADI PELANGGAN PADA KLINIK KECANTIKAN ESTHEDICA. Aksara Public, 4(4), 103-113. Retrieved from http://aksarapublic.com/index.php/home/article/view/461