FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENERIMAAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN SEKTOR PEDESAAN DAN PERKOTAAN DI KECAMATAN RIMBO TENGAH KABUPATEN BUNGO, PROVINSI JAMBI

  • Tommy Ferdian
  • Ria Nita Sasmahera
Keywords: Kesadaran Wajib Pajak, Pendidikan, Pelayanan Jasa, Pendapatan, Sanksi dan Sikap

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Faktor- Faktor yang mempengaruhi Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan Sektor Pedesaan dan Perkotaan di Kecamatan Rimbo Tengah Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi di lihat dari variabel pengaruh kesadaran Wajib Pajak, Pendidikan, Pelayanan Jasa, Pendapatan, Sanksi dan Sikap. Penelitian ini menggunakan data primer dengan metode deskriptif kuantitatif menyebar kuesioner kepada Wajib Pajak yang terdaftar di Kabupaten Kabupaten Bungo pada tahun 2019 sehingga diperoleh sampel sebanyak 100 Wajib Pajak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesadaran Kesadaran Wajib Pajak, Pendidikan, Pelayanan Jasa, Pendapatan, Sanksi tidak mempengaruhi Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan Sektor Pedesaan dan Perkotaan. Sikap berpengaruh terhadap Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan Sektor Pedesaan dan Perkotaan di Kecamatan Rimbo Tengah Kabupaten Bungo Provinsi Jambi. Sedangkan sisanya sebesar 83.8% (100% – 16.2%) dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

References

Banyu Ageng Wahyu Utomo. 2011.”Pengaruh Sikap, Kesadaran Wajib Pajak Dan Pengatahuan Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Bumi Dan Bangunan Di Kecamatan Pamulang Kota Tanggerang Selatan”. Skripsi Tidak Dipublikasikan. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Dona,L E. Kieso & Jerry J. Weygant 2010. Akuntasi Intermediate. (Terjemahan Herman Wibowo).

Fery Istanto.2010.”Analisis Pengaruh Pengetahuan Tentang Pajak, Kualitas Pelayanan Pajak, Ketegasan Sanksi Perpajakan Dan Tingkat Pendidikan Terhadap Motivasi Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak”. Skiripsi Tidak Dipublikasikan. Fakultas Ekonomi Dan Ilmu Sosial Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Harry Purwono. 2010. Dasar- Dasar Perpajakan Dan Akuntansi Pajak.

Iman Gozali. 2009. Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program Spss.
Junarman. 2014.”Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Masyarakat Dalam Membayar Pajak Bumi Dan Bangunan (Studi Kasus Di Kecamatan Pondok Kubang Bengkulu Tengah)”. Skripsi Tidak Dipublikasikan. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Bengkulu.

Neni Setiawati Simbolon. 2017.”Tingkat Partisipasi Masyarakat Dalam Membayar Pajak Bumi Dan Bangunan Perdesaan Dan Perkantoran (Studi Kasus Kecamatan Teluk Bintan Kabupaten Bintan)”. Jurnal Universitas Maritim Raja Ali Haji Tanjung Pinang.

Suryono, Agus. 2001. Teori Dan Isu Pembangunan.

Sugiyono. 2003. Statistika Untuk Penelitian.

Siagian, P Sondang. 2003. Administrasi Pembangunan: Konsep, Dimensi, Dan Strateginya.

Slamet, Margono. 2003. Membentuk Pola Prilaku Manusia Pembangunan.

Sugiyono, 2007, Metodologi Penelitian Administrasi.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif. Kualitatif, Dan R & D.

Sugiyono. 2012. “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D”.

Tim Penyusun 2008, Kamus Besar Bahasa Indonesia (Kbbi).

Waluyo. 2011. Perpajakan Indonesia., Edisi 10-Buku 1.
Published
2020-05-30
How to Cite
Ferdian, T., & Sasmahera, R. (2020). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENERIMAAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN SEKTOR PEDESAAN DAN PERKOTAAN DI KECAMATAN RIMBO TENGAH KABUPATEN BUNGO, PROVINSI JAMBI. Aksara Public, 4(2), 126-140. Retrieved from http://aksarapublic.com/index.php/home/article/view/415
Section
Articles