EFEK METODE PEMBELAJARAN PADA HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI IQ SISWA

  • Achmad Syahlani
  • Desy Setyorini
Keywords: metode pembelajaran, Intelligence Quotient (IQ), hasil belajar matematika

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji perbedaan hasil belajar matematika antara yang diajar dengan metode inquiry dengan konvensional, ditinjau dari Intelligence Quotient (IQ) siswa. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 267 Jakarta. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IX dengan sampel kelas IX-A dan IX-D yang diperoleh dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial 2×2, dimana hasil belajar matematika sebagai variabel terikat serta metode pembelajaran dan IQ siswa sebagai variabel bebas. Data IQ siswa diperoleh dengan menjaring data sekunder, sedangkan data hasil belajar matematika dijaring melalui instrumen tes hasil belajar matematika. Data hasil belajar matematika dianalisis dengan analisis deskriptif dan inferensial dengan analysis of variance (ANOVA) dua arah untuk uji perbedaan rata-rata, serta uji Tukey untuk uji lanjut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara yang diajar dengan metode inquiry dengan konvensional; (2) Terdapat efek dari interaksi antara metode pembelajaran dengan IQ siswa terhadap hasil belajar matematika; (3) Untuk siswa dengan IQ tinggi, hasil belajar matematika yang diajar dengan metode inquiry lebih tinggi daripada yang diajar dengan metode konvensional; (4) Untuk siswa dengan IQ rendah, hasil belajar matematika yang diajar dengan metode konvensional lebih tinggi daripada yang diajar dengan metode inquiry.

References

Bloom, Benjamin S. 1979. Taxonomy of Educational Objectives: The Classification of Educational Goals: Handbook 1 Cognitive Domain. London: Longman Group Ltd.

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Standar Kompetensi Mata Pelajaran Matematika SMP & MTs. Jakarta: Pusat Kurikulum Balitbang Depdiknas.

____________________________. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah.

Gronlund, Norman E. 1976. Measurement and Evaluation in Teaching. New York: Macmillan Publishing Co.

Joyce, Bruce & Marsha Weil. 1996. Models of Teaching. Boston: Allyn and Bacon.

Kadir. 2010. Statistika: Untuk Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Rosemata Sampurna.

____. 2012. Materi Pendukung Desain Eksperimen. Jakarta: Program Pascasarjana, Universitas Negeri Jakarta, Magister Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (PEP).

Mulyasa, E. 2008. Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Pendekatan Pembelajaran Konvensional. http://edukasi.kompasiana.com/2009/12/20/ pendekatan-pembelajaran-konvensional-40376.html

PPPPTK Matematika Kementerian Pendidikan Nasional. eBook dan Modul Digital Matematika. http://ebook.p4tkmatematika.org

Ruseffendi, E. T. 1991. Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya Dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Sanjaya, Wina. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Santrock, John W. 2004. Educational Psychology. Boston: McGraw-Hill Higher Education.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Winkel, W. S. 2004. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.

Woolfolk, Anita. 2007. Educational Psychology. Boston: Pearson Education, Inc.
Published
2020-05-30
How to Cite
Syahlani, A., & Setyorini, D. (2020). EFEK METODE PEMBELAJARAN PADA HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI IQ SISWA. Aksara Public, 4(2), 77-89. Retrieved from http://aksarapublic.com/index.php/home/article/view/411
Section
Articles